9.4 PENGKURAN KINERJA SEKTOR PUBLIK DI INDONSEIA –PEMBERIAN PENGHARGAAN
WAHANA TATA NUGRAHA BAGI PELAKSANAAN
TERTIB LALU LINTAS
Pemberian penghargaan Wahana Tata Nugraha merupakan sarana
pemerintah dalam mewujudkan tertib lalu lintas dan angkutan jalan. Setiap
pemerintah daerah mendambakan untuk mendapatkan prestasi tertib lalu lintas,
karena keberhasilan dalam mendapatkan penghargaan ini merupakan kebanggaan
suatu kota/kabupaten.
Jika kriteria penilaian lomba ini dilakukan secara jujur,
maka akan memunculkan daerah yang baik dari segi biaya maupun moral untuk
memenuhi kriteria persyaratan yang kompleks.
Persiapan dan upaya-upaya yang mendesak untuk segera
dilakukan adalah:
1.
Penataan/pengaturan arus lalu lintas.
2.
Pembenahan prasarana
jalan yang meliputi rambu-rambu lalu lintas, papan petunjuk arah, papan nama
jalan, lampu pengatur lalu lintas, marka jalan, dan tempat penyeberangan.
3.
Pembinaan terhadap petugas parker.
4.
Penataan terminal.
5.
Pembinaan angkutan kota.
Aspek
yang nilai berkenaan dengan penilaian Wahan Tata Nugraha adalah:
1.
Aspek Sarana
Penilaian terhadap ketersediaan angkutan umum meliputi jumlah angkutan
umum dan kertediaan jaringan trayek. Kebersihan kendaraan dengan penyediaan
temapt sampah dan perlengkapan kendaraan, papan trayek dan tanda pengenal
kendaraan umum, serta fasilitas pengujian SIM dan pelayanan STNK harus memadai.
2.
Aspek Prasarana
Penilaian terhadap pembenahan di lingkungan seperti penerangan jalan,
pavingisasi trotoar dan pengecatan batas trotoar.
Keikutsertaan warga masyarakat dalam pembangunan ini berpartisipasi dalam
pembangunan.
3.
Aspek Sumber Daya
Penilaian terhadap pencatatan/pendataan pengemudi, data kecelakaan lalu
lintas, data pelanggaran lalu lintas, dan data asuransi kecelakaan, mempermudah
aparat dan masyarakat dalam mengidentifikasi pelaku pada saat kecelakaan lalu
lintas. Jumlah dan kualifikasi petugas dalam melayani SIM dan STNK berpengaruh
terhadap kecepatan dan kepuasan masyarakat.
4.
Aspek Manajemen
-
Penilaian terhadap penskemaan
Penilaian terhadap Skema Umum Tata Ruang Kota (RUTRK) yang mendukung di
bidang perhubungan. Penskemaan pembangunan gedung baru dan pertokoan disertai
analisis dampak lalu lintas untuk menjaga kesehatan, keselamatan dan keamanan
masyarakat.
-
Organisasi
Penilaian terhadap lembaga yang mengurusi masalah ketertiban lalu lintas
seperti DLLAJR.
-
Pelaksanaan
Penilaian terhadap pelaksanaan yang meliputi pelaksanaan perturan lalu
lintas.
-
Pengawasan dan Pengendalian
Penilaian terhadap penyelewengan prosedur , KKN dan pelanggaran peraturan
lalu lintas
5.
Aspek Penilaian Lapangan
Tujuan dari penilaian lapangan ini adalah untuuk melihat pelaksanaan
tertib lalu lintas di suatu daerah, dan mencocokkan jawaban dari daftar isian
dengan keadaan yang sesungguhnya.
Penetapan Bobot
Penilaian
Penetapan bobot penilaian antarunsur administrasi dengan
unsure lapangan ditetapkan oleh sebuah panitia dengan perbandingan :
a.
40% untuk aspek administrasi yang terperinci dalam
table 9.7
b.
60% untuk aspek lapangan yang terperinci dalam table
9.8
Tabel 9.7
|
Bobot Penilaian
Adminintrasi (%)
|
||||||
No
|
Aspek yag dinilai
|
Perolehan Piala WTN tahun ke
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1
|
Sarana
Kuantitatif
|
10
|
9
|
8
|
7
|
5
|
5
|
2
|
Sarana
Kualitatif
|
15
|
15.5
|
16
|
16.5
|
17.5
|
17.5
|
3
|
Prasarana
|
20
|
18
|
16
|
14
|
10
|
10
|
4
|
Metode
Kuantitatif
|
15
|
15
|
15
|
15
|
15
|
15
|
5
|
Manusia
Kualitatif
|
20
|
21
|
22.5
|
24
|
27.5
|
27.5
|
6
|
Manajemen
|
20
|
21
|
22.5
|
23.5
|
25
|
25
|
|
Jumlah
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
Tabel 9.8
|
Bobot Penilaian
Lapangan (%)
|
||||||
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Perolehan Piala WTN tahun ke
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1
|
Kinerja sarana
angkutan umum
|
10
|
9
|
8
|
7
|
5
|
5
|
2
|
Kondisi
fasilitas perlengkapan jalan
|
15
|
15.5
|
16
|
16.5
|
17.5
|
17.5
|
3
|
disiplin para
pengguna jalan
|
20
|
18
|
16
|
14
|
10
|
10
|
4
|
Penerangan
kegiatan yang berkaitan dengan manajemen LLAJ
|
15
|
15
|
15
|
15
|
15
|
15
|
|
Jumlah
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar