Selasa, 01 Februari 2011

Kalsium

Did You Know?

Kalsium sangat penting untuk wanita
American journal of Clinical Nutrition, baru – baru ini meneliti manfaat konsumsi kalsium dan aktivitas fisik pada saat masa puncak tulang pada wanita. Hasilnya mereka yang mendapat asupan kalsium yang maksimal semasa pubertas memiliki kekuatan tulang yang baik. Risiko osteoporosisnya sangat besar dan pada remaja yang asupan kalsiumnya tidak cukup plus malas berolahraga akan mengalami osteoporosis lebih cepat.

Sayuran sebagai pengganti susu
Susu memang selalu menjadi product yang direkomendasi untuk mencegah osteoporosis. Namun, karena persentase kalsium pada susus yang terserap oleh tubuh lebih kecil disbanding dengan kalsium pada sayuran hijau, maka kini sayuran hadir sebagai pengganti susu. Sayuran berkalsium seperti bok choy, brokoli, green tea, selada, daun dandelion dan kubis, memiliki vitamin dan mineral yang dapat bekerja sama untuk membentuk tulang kita yang menjadi lebih sehat dan kuat.

Kalsium Dan Daya ingat
Ion kalsium berperan penting dalam proses pengeluaran dan pengiriman sinya syaraf. Rangsangan pada syaraf otak besar berhubungan erat dengan transmisi ion kalsiulam didalam dan diluar neuron. Ketika organisme kekurangan kalsium, dendosignal syaraf juga mengalami hambatan mekanisme rangsangandalam tubuh manusia juga mengalami kerusakan. Gejala yang sering terlihat pada anak adalah :
• Mudah kaget.
• Menangis dimalam hari.
• Resah.
• Sulit tidur.
• Super aktif.
Maka perlu diperhatikan bahwa kalsium itu memang sangat penting. Dan bagi yang tidak menyukai susu dapat menkonsumsi sayuran hijau. Mudah didapat dengan menanam sayuran atau membeli di pasar swalayan.
Menurut saya lebih baik menanam sayuran karena dapat membuat rumah menjadi asri dn nyaman.


Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar